KSOP Tarakan lakukan uji petik pada speed boat

id ksop

KSOP Tarakan lakukan uji petik pada speed boat

Kasi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli pada KSOP Tarakan, Syahruddin. Istimewa

Tarakan (ANTARA) - Kantor Kesyahbandaraan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tarakan melakukan uji petik pada beberapa speed boat di Pelabuhan Tengkayu 1 Tarakan, Kamis.

"Tim pemeriksa Keselamatan Kapal KSOP Kelas III Tarakan kembali melaksanakan uji petik pada beberapa speed boat reguler di pelabuhan Tengkayu 1," kata Kasi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli pada KSOP Tarakan,Syahruddin di Tarakan, Kamis.

Selanjutnya pemeriksaan dilakukan terhadap kapal penyeberangan milik PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) di Juata.

Dijelaskannya dalam pemeriksaan dilakukan uji coba menurunkan sekoci guna memastikan bahwa hidrolik atau alat untuk menurunkan sekoci berfungsi dengan baik, sehingga apabila keadaan darurat bisa di gunakan.

"Tidak hanya itu tim pemeriksa keselamatan kapal juga melakukan pemeriksaan peralatan navigasi yang berada di anjungan kapal," kata Syahruddin

Pelaksanaan uji petik ini dipimpin langsung oleh Pelaksana Harian Seksi Status Hukum dan Sertfikasi Kapal Capt Rotly Oktavianus Ante.

Dalam pemeriksaan ini rata - rata berfungsi baik, hanya saja dihimbau para pengelola kapal, agar melakukan perawatan secara terus menerus karena dikhawatirka tidak bisa berfungsi akibat pengaruh air laut dan berkarat.

"Harapan kami semoga semua bisa berjalan lancar aman dan selamat dan tidak ada lagi kecelakaan. Kami juga berpesan nahkoda untuk memantau semua ABK baik kesehatan dan tugas yang diberikan dilaksanakan denga baik," katanya.

Selain itu, berikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Serta hati - hati selalu, ketika berlayar dan pastikan kapal selalu dalan keadaan laik laut.
Baca juga: Nelayan Kaltara diimbau tak beraktivitas zona terlarangBaca juga: KSOP Tarakan Jadi Standar KSOP se-Indonesia