BI salurkan 140 beasiswa di Kaltara

id Bank Indonesia

BI salurkan 140 beasiswa di Kaltara

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Utara, Yufrizal menyerahkan 140 beasiswa di Kaltara. Dokumen Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Utara.

Tarakan (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia ( KPwBI) Provinsi Kalimantan Utara
memberikan beasiswa kepada 140 siswa dan mahasiswa di Kaltara.

“Melalui Program Beasiswa ini, kami harap dapat turut serta membantu terciptanya SDM unggul, khususnya di wilayah Provinsi Kalimantan Utara," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Utara, Yufrizal di Tarakan, Selasa.

Hal tersebut sesuai dengan program nasional yang dicanangkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Yufrizal menyampaikan bahwa pihaknya terus berupaya meningkatkan kualitas SDM di Kaltara yang salah satu caranya adalah melalui Program Beasiswa Bank Indonesia ini.

Dia menekankan akan pentingnya peningkatan kapasitas SDM, khususnya pemuda, yang akan menjadi pemimpin masa depan Indonesia.

"Kita berkomitmen untuk kembali menyalurkan program beasiswa ditahun 2021 ini kepada dua Lembaga Pendidikan tingkat Perguruan Tinggi dan dua Lembaga Pendidikan tingkat Sekolah Menengah Atas," kata Yufrizal.

Beasiswa dengan total nilai lebih dari Rp1,5 miliar per tahun tersebut akan disalurkan kepada Universitas Borneo Tarakan, Universitas Kaltara, SMKN 1 Tarakan dan SMKN 2 Tarakan.

Para siswa dan mahasiswa yang akan mendapatkan beasiswa Bank Indonesia tersebut. Besaran beasiswa yang diterima sebesar Rp1 juta/orang/bulan bagi penerima beasiswa tingkat Perguruan Tinggi dan Rp750 ribu/orang/bulan bagi penerima beasiswa tingkat Sekolah Menengah Atas.

Selain bantuan dana, penerima Program Beasiswa Bank Indonesia juga akan tergabung dalam sebuah komunitas yang dikenal dengan komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI).

Melalui komunitas tersebut, penerima Program Beasiswa Bank Indonesia akan mendapatkan pembekalan serta pengalaman melalui berbagai macam kegiatan sosial dan turut serta dalam kegiatan yang dilakukan oleh Bank Indonesia.

Sementara itu, perwakilan penerima manfaat, Rektor Universitas Borneo Tarakan, Prof. Dr. Adri Patton, M.Si, menyampaikan apresiasi atas kepedulian Bank Indonesia terhadap dunia pendidikan.

“Kami harap dengan adanya Program Beasiswa Bank Indonesia ini, mahasiswa dapat lebih termotivasi untuk memberikan yang terbaik dalam bidang akademis maupun non akademis dan berkontribusi nyata bagi masyarakat sekitar," kata Adri.
Baca juga: KPwBI Kaltara serahkan 48 paket bantuan sarana prasarana pendidikan