BMKG: waspadai gelombang bisa 2,5 meter

id BMKG, Nunukan, diguyur hujan

BMKG: waspadai gelombang bisa 2,5 meter

Perairan Kaltara

Nunukan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan diperkirakan tinggi gelombang laut 1,25 sampai 2,5 meter dengan kecepatan angin hingga 20 knot dari arah timur laut menuju tenggara.

"Meskipun angin bisa mencapai 20 knot tetapi tidak membahayakan secara signifikan makanya tidak ada peringatan dini namun ada baiknya tetap waspada," kata Kepala BMKG Nunukan Abdul Haris di Nunukan, Rabu tentang prakiraan dini hari nanti sampai 5 Maret 2021.

Ia juga mengutarakan meski belum ada peringatan dini namun bagi nelayan serta pengguna jalur transportasi air harus tetap waspada pasalnya cuaca di Kabupaten Nunukan seringkali sulit diprediksi.

Hal itu akibat dari kebanyakan dipengaruhi faktor lokal, misalnya, hujan berlangsung tidak merata meskipun masih dalam satu pulau.

Ia mengamati terjadinya hujan di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara pada dini hari yang akan berlangsung hingga 5 Maret.

Kondisi cuaca di wilayah kerjanya masih tampak stabil sehingga belum ada peringatan dini.

Walaupun hujan diamati sering berlangsung pada dini hari hingga dua hari ke depan.

Kemudian suhu udara rata-rata berada pada 24-31 derajat celcius.

Selain diperkirakan berlangsung hujan sedang pada dini hari, terdapat sejumlah kecamatan juga diperkirakan diguyur hujan seperti Kecamatan Nunukan, Nunukan Selatan, Lumbis Ogong, Lumbis, Sebuku, Sembakung, Sembakung Atulai, Tulin Onsoi, dan lima kecamatan di Pulau Sebatik.

Sedangkan pada malam hari, seluruh wilayah Kabupaten Nunukan rata-rata cerah berawan.

Baca juga: Gelombang tinggi hambat pelayaran Sebatik-Tarakan

Baca juga: Waspadai Gelombang Tinggi Nunukan

Pewarta :
Editor : Iskandar Zulkarnaen
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar