TGUPP Dibentuk Sebagai Mitra Kerja OPD Pemprov Kaltara

id Pemprov

TGUPP Dibentuk Sebagai Mitra Kerja OPD Pemprov Kaltara

Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan  (TGUPP) Kalimantan Utara. Dokumen DKISP Kaltara.

Tarakan (ANTARA) - Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) yang dibentuk oleh Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang dan Wakil Gubernur Yansen TP sebagai mitra kerja Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Kaltara.

"Pembentukan TGUPP ini didasari oleh kepercayaan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara dalam mewujudkan visi dan misi yang telah dijanjikan sebelumnya," kata Ketua TGUPP Adri Patton di Tanjung Selor, Rabu.

TGUPP merupakan pendamping sekaligus pemberi saran-saran kepada gubernur beserta para OPD di lingkungan Pemprov Kaltara dalam melakukan percepatan pembangunan di Bumi Benuanta.

Tim TGUPP itu bertugas untuk membantu Gubernur dalam melakukan pengkajian dan analisis kebijakan gubernur.

"Oleh karena itu kita mencoba untuk memberikan saran serta masukan. Tapi semua itu tergantung kepada Bapak Gubernur,” kata Adri Patton.

Dia menjelaskan bahwa TGUPP juga memiliki tugas untuk memberikan pertimbangan dan saran masukan dalam penyusunan kebijakan.

Serta melakukan pemantauan maupun evaluasi kepada seluruh OPD sebagai filter penyaring informasi.

Termasuk berperan dalam pendampingan program prioritas seperti pengembangan sumber daya manusia (SDM).

“OPD itu adalah mitra kerja TGUPP, bukan untuk mencari kesalahan atau semacamnya. Kami akan berupaya semua kegiatan dapat benar-benar 'on the track' dan bisa efektif selesai tepat pada waktu yang telah ditentukan," kata Rektor Universitas Borneo Tarakan (UBT).

Hal ini sesuai dengan visi dan misi yang disampaikan pasangan Zainal - Yansen.

Dia mengaku bahwa dirinya beserta 10 orang lainnya yang tergabung di dalam TGUPP dapat memahami banyak hal setelah mengikuti rangkaian musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Kaltara yang digelar pada Selasa (15/6).
Baca juga: Gubernur : Pentingnya Peran Satlinmas Untuk Perlindungan Masyarakat