Dandim Tarakan Berharap Peran Elemen Masyarakat Untuk Sukseskan PPKM

id PPKM

Dandim Tarakan Berharap Peran Elemen Masyarakat Untuk Sukseskan PPKM

Komandan Kodim 0907/Tarakan Letkol Inf Eko Antoni Chandra Lestianto. ANTARA/HO - Kodim 0907/Tarakan.

Tarakan (ANTARA) - Komandan Kodim 0907/Tarakan Letkol Inf Eko Antoni Chandra Lestianto berharap peran seluruh elemen masyarakat untuk bisa turut andil mensukseskan skema Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 di Tarakan, Kalimantan Utara.

"Hal ini bertujuan menekan kasus penyebaran COVID-19 di Tarakan," kata Eko Antoni di Pemkot Tarakan, Selasa.

PPKM level 4 akan segera diterapkan di Kota Tarakan. Salah satu peranan ini akan dilakukan oleh TNI-POLRI yang turut terlibat langsung dalam menerapkan pengawasan PPKM level 4.

"PPKM ini nantinya akan menjadi bentuk penguatan dalam hal protokol kesehatan. Jadi jangan menganggap bahwa PPKM level 4 nanti kita akan dihentikan (kegiatan) sana – sini seperti di Jawa," kata Eko Antoni.

Wilayah Jawa dan Bali untuk aglomerasi bisa ditempuh dengan jalur darat, tapi kalau di Tarakan hanya bandara dan pelabuhan ada pembatasan untuk penguatan protokol kesehatan.

Dandim juga menegaskan bahwa dalam penguatan Prokes, pihaknya bersama beberapa pemangku kepentingan (stakeholder) terkait akan melakukan penguatan hingga tingkat RT di Tarakan.

“Jadi kami Babinsa dan Bhabinkamtibmas itu melakukan penguatan di tingkat RT. Melihat permasalahannya, melihat gejala - gejala di tingkat RT itu saya rasa lebih efektif daripada kita menutup atau menyekat kota,” katanya.

Selanjutnya Eko Antoni menerangkan bahwa telah memberikan beberapa usulan terkait sanksi sosial yang akan diterima masyarakat jika enggan melaksanakan prokes.

“Sanksi sosial kita pikirkan kembali, apakah yang tidak pakai masker kita ajak pakai APD lalu menguburkan jenazah COVID. Atau bagaimana mendata orang-orang yang COVID di rumah sakit, ataukah bersih-bersih. Itu usulan saya pribadi dan masih berupa opsi juga ya, tetapi ini kan harus tetap dirapatkan (bersama) terlebih dahulu,” katanya.

Dia menambahkan bahwa dalam pelaksanaan PPKM level 4 mendatang. Pemerintah kota Tarakan melalui TNI-POLRI juga selalu menghimbau protokol kesehatan bersama RT Tangguh dan Kampung Trengginas.

“PPKM level 4 nanti kita tetap bersama-sama bersinergi seperti RT Tangguh, terus Kampung Trengginas sama-sama turun ke bawah mengingatkan masyarakat untuk selalu protokol kesehatan," kata Eko Antoni.

Ada tiga kabupaten/kota di Kaltara yang menjalankan PPKM level 4 yakni Tarakan, Bulungan dan Nunukan. Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 25 Tahun 2021. Pelaksanaan PPKM level 4 berlangsung sampai 8 Agustus 2021.
Baca juga: Tarakan Masuk PPKM Pembelajaran Tatap Muka Ditunda