Kapolres Tarakan pantau arus mudik di pelabuhan dan bandara

id Polres

Kapolres Tarakan pantau arus mudik di pelabuhan dan bandara

Kapolres Tarakan, Kalimantan Utara AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar  melaksanakan pemantauan aktivitas arus mudik di H-3 Lebaran Idul Fitri 1444 H ke seluruh pos pengamanan dan pos pelayanan yang tersebar di Kota Tarakan, Rabu (19/4). ANTARA/HO-Humas Polres Tarakan.

Tarakan (ANTARA) - Kapolres Tarakan, Kalimantan Utara AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar melaksanakan pemantauan aktivitas arus mudik di H-3 Lebaran Idul Fitri 1444 H ke seluruh pos pengamanan dan pos pelayanan yang tersebar di Kota Tarakan, Rabu.

“Keberangkatan dari Tarakan sudah ada peningkatan 11 persen dari tahun lalu, semakin meriah lebaran tahun ini dilihat dari sisi pergerakan penumpang,” kata Ronaldo.

Kegiatan pemantauan dimulai di Pelabuhan Malundung Kota Tarakan, kemudian berlanjut ke Pelabuhan Tengkayu Satu Tarakan. Selanjutnya ke pasar Gusher dan bandara Juwata Tarakan.

Ronaldo mengatakan berdasarkan berdasarkan data dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelabuhan Tengkayu Satu Tarakan, terjadi peningkatan penumpang dari tahun lalu, dimana penumpang yang masuk ke Tarakan bertambah sekitar 16 persen.

Berkaitan keamanan di pelabuhan Tengkayu dan Malundung masih terpantau kondusif dan aman.

Dia menekankan kepada anggota Polres Tarakan, Polda Kaltara, Dinas Perhubungan Kaltara dan Dishub Tarakan serta Basarnas, agar memperketat pengawasan saat keberangkatan penumpang jangan sampai over kapasitas penumpang.

“Kecelakaan di laut kerap terjadi karena over kapasitas. Jadi saya minta petugas untuk melakukan pemeriksaan sebelum keberangkatan dengan tegas dan tertib. Kita tidak akan mentolerir over kapasitas,” tegasnya.

Tujuannya satu, bukannya tidak manusiawi, justru ini antisipasi pencegahan jangan sampai ada korban.

“Alat angkut safety, penumpang juga sesuai kapasitas yang bisa ditampung oleh alat angkut tersebut. Keselamatan dalam proses arus mudik dan arus balik itu nomor satu,” kata Ronaldo.
Baca juga: Polres Tarakan Siapkan Enam Pos Pada Operasi Ketupat Kayan 2023
Baca juga: Polres Malinau pantau peredaran petasan jelang Lebaran 2023