Pimpinan DPRD Kaltara dorong anggota ikuti bimbingan teknis

id legislator, DPRD Kaltara, Bimbingan Teknis

Pimpinan DPRD Kaltara dorong anggota ikuti bimbingan teknis

Ilustrasi - Pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Kaltara berfoto bersama Komisioner KPU RI, Idham Holik pada bimbingan teknis Peran DPRD dalam Penyelenggaraan dan Pilkada Serentak 2024 yang Berkualitas dan Berwawasan Kebangsaan serta Penguatan Nilai-Nilai Dasar Bela Negara di Jakarta, belum lama ini. (ANTARA/HO-DPRD Kaltara)

Tanjung Selor (ANTARA) - Pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Kaltara mendorong anggota rutin ikuti bimbingan teknis (bimtek) sehingga bisa memberi manfaat besar atau optimalisasi bagi pelaksanaan tugas dan fungsi sebagai legislator.

“Selain itu, juga untuk pendalaman tugas bagi pimpinan dan anggota DPRD terhadap mekanisme sesuai dengan peraturan yang berlaku,” kata Ketua DPRD Kaltara Albertus Stefanus di Tanjung Selor, Selasa.

Sebelumnya, Pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Kaltara pada 4-5 Juli 2023 telah mengikuti bimbingan teknis di Jakarta yang mengangkat tema “Peran DPRD dalam Penyelenggaraan dan Pilkada Serentak 2024 yang Berkualitas dan Berwawasan Kebangsaan Serta Penguatan Nilai-Nilai Dasar Bela Negara”.

Albertus menegaskan, peran dan fungsi DPRD dalam menyongsong Pemilu 2024 sangat penting. Sebab anggota DPRD merupakan representasi dari masyarakat. Untuk DPRD optimistis mampu berperan meningkatkan partisipasi pemilih, menciptakan pemilu yang jujur; adil, transparan; mencegah politik yang memecah belah; serta membawa kepentingan masyarakat.

Bimbingan teknis itu turut dihadiri Rektor Universitas Respati Indonesia (Urindo) Prof. Dr. Tri Budi W. Rahardjo.

Tri Budi menyampaikan bahwa kesesuaian tema yang diangkat menunjukkan langkah konkret DPRD Kaltara dalam menyikapi persiapan Pemilu 2024.

“Kita semua berharap Pemilu 2024 menghasilkan pemimpin handal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar dia.

Bimbingan teknis ini juga menghadirkan narasumber berkompeten, yaitu Mayjen TNI (Purn) E. Imam Maksudi selaku Tenaga Profesional Bidang Geopolitik dan Wawasan (LEMHANNAS) dan Idham Holik selaku Komisioner KPU.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Respati Indonesia (Urindo).

Kegiatan bimbingan teknis pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Kaltara dilaksanakan rutin setiap tahun guna meningkatkan wawasan legislator.