Potensi wisata arung jeram Nunukan belum tersentuh

id arung jeram, sungai pensiangan, kecamatan lumbis, kecamatan lumbis ogong, kabupaten nunukan

Potensi wisata arung jeram Nunukan belum tersentuh

Sebuah perahu melintas dengan melawan arus air disela-sela batu ukuran besar di Sungai Pensiangan. Jalur transportasi ini potensial dijadikan obyek wisata arung jeram namun tidak diperhatikan Pemkab Nunukan

Nunukan (AntaranewsKaltara) - Kabupaten Nunukan, Kaltara memiliki obyek wisata arung jeram di Kecamatan Lumbis hingga Kecamatan Lumbis Ogong yang belum dikelola.
Lokasi arung jeram tersebut di Sungai Pensiangan yang berhulu di wilayah Negeri Sabah, Malaysia dengan jangkauan sangat panjang.
Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nunukan, Muh Taufik di Nunukan, Kamis mengakui, sejumlah potensi obyek wisata di daerah belum pernah tersentuh termasuk arung jeram tersebut.
Namun dia menyadari, arung jeram yang terhampar pada dua kecamatan di sebelah utara Pulau Kalimantan itu cukup potensial untuk dijadikan daya tarik bagi wisatawan mancanegara.
Sungai Pensiangan menjadi jalur transportasi bagi masyarakat di Kecamatan Lumbis Ogong yang hendak ke ibukota Kabupaten Nunukan dan wilayah Malaysia.
Menggunakan perahu katinting melintas disela-sela batu berukuran cukup besar hingga kecil dengan melawan arus sungai menjadi keunikan dan tantangan tersendiri.
Wisatawan mancanegara yang suka dengan tantangan alam diyakini mengunjungi obyek itu untuk berwisata.
Hanya saja, Pemkab Nunukan terkesan tidak "tertarik" mengembangkan sektor pariwisata dimana potensi wisata lainnya pun dibiarkan tak tertata dan tidak terawat.
Padahal, jika sektor pariwisata dikembangkan dengan baik mampu memberikan peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) dan kesejahteraan masyarakat.