Bupati Nunukan luncurkan ekspor komoditas lokal perdana ke Korsel

id Ekspor ke korsel, bupati nunukan, asmin lauta hafid, pt pelindo, ekspor rumput laut

Bupati Nunukan luncurkan ekspor komoditas lokal perdana ke Korsel

Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid memberikan sambutan pada acara peluncuran ekspor perdana komoditas lokal ke Korsel di Pelabuhan Tunon Taka, Kamis (31/1).

Nunukan (Antaranews-Kaltara) - Bupati Nunukan Kalimantan Utara, Asmin Laura Hafid meluncurkan ekspor perdana komoditi lokal ke Korea Selatan DI Pelabuhan Tunon Taka.
Pada peluncuran tersebut, Asmin Laura mengungkapkan rasa senang dan gembira atas suksesnya ekspor perdana komoditas lokal di daerahnya ke luar negeri.
Keberhasilan ini tidak terlepas dari visi misi unggulan tentang pengembangan agrobisnis yang perlahan menemukan bentuk kongkretnya.
Komoditi lokal yang diekspor ke Korsel adalah rumput laut, hasil laut dan kelapa sawit.
Peluncuran ekspor perdana ini dihadiri sejumlah pejabat instansi vertikal seperti bea cukai, PT Pelindo, karantina dan pengusaha lokal setempat.
Bupati Nunukan turut mempromosikan sumber daya alam daerahnya bahwa berbagai komoditas yang sukses dikembangkan seperti sarang walet, hasil laut dan perkebunan.
Ia menegaskan, Kabupaten Nunukan memiliki banyak potensi yang layak untuk dikembangkan dan diekspor ke luar negeri.
"Di laut kita punya rumput laut, di darat ada kelapa sawit dan di udara kita punya burung walet," ujar dia yang disambut tepuk tangan para tamu dan undangan
Tak lupa Asmin Laura mengapresiasi importir yang berani menginvestasikan modalnya di Kabupaten Nunukan meskipun berbagai tantangan dan kendala.
Asmin Laura juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat atas keberhasilan ekspor ini.
Ia mengajak semua pihak terkait terutama bagi instansi vertikal untuk bekerja sama dapam menyukseskan program unggulannya.
"Saat ini, Nunukan boleh terbatas, tapi kelak saya yakin, Nunukan akan menjadi teratas," kata Asmin Laura.
Pada kesempatan yang sama, Tony Hajar Andenowowih, Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis PT Pelindo IV Makassar mengakui tidak mudah mewujudkan keinginan untuk melakukan ekspor melalui Pelabuhan Nunukan.
Namun, berkat kerja sama yang baik dari semua pihak akhirnya ekspor perdana ini dapat dilakukan.
Tony Hajar mengatakan salah satu keunggulan Kabupaten Nunukan karena adanya pelabuhan yang representatif dan dapat disinggahi kapal kontainer.
"Tidak banyak pelabuhan seperti yang dimiliki Nunukan," aku dia.
Letak geografis Kabupaten Nunukan disebut Tony, sangat strategis karena berada di jalur Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) 2. Posisi tersebut membolehkan Nunukan menjadi transhipment hubungan di ALKI 2.
Tony Hajar berjanji akan menjadikan Kabupaten Nunukan sebagai transit komiditi produk yang diekspor.