Pemkot Tarakan Target Penerimaan Zakat Sebesar Rp2,5 Miliar

id Pemkot

Pemkot Tarakan Target Penerimaan Zakat Sebesar Rp2,5 Miliar

Wali Kota Tarakan, Khairul saat menunaikan zakat di acara Gerakan Cinta Zakat di Pemkot Tarakan, Rabu (5/5). Antara/Susylo Asmalyah

Tarakan (ANTARA) - Pemerintah Kota Tarakan menargetkan penerimaan zakat selama bulan Ramadhan sebesar Rp2,5 miliar baik zakat fitrah, mal dan profesi.

"Sedangkan secara keseluruhan target penerimaan zakat selama satu tahun sebesar Rp8 miliar," kata Wali Kota Tarakan, Khairul saat acara Gerakan Cinta Zakat di Pemkot Tarakan, Rabu.

Pemanfaatan zakat sendiri diutamakan delapan yang berhak menerima zakat yakni fakir, miskin, amil, muallaf, riqab/ memerdekakan budak, gharim yakni orang yang memiliki hutang,
fi sabilillah dan ibnu sabil atau musaffir.

Dia mengungkapkan bahwa zakat yang dikumpulkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tarakan tidak hanya orang muslim, ada juga diberikan untuk non muslim bentuknya sedekah.

Zakat ini cukup merupakan upaya pengentasan kemiskinan, dimana salah satunya pemberdayaan ekonomi misalnya pemberian modal usaha kecil - kecil untuk ekonomi lemah.

Selain itu, dia juga menghimbau Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungannya untuk Gerakan Cinta Zakat. Baznas juga keliling di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

"Sekarang kita juga penguatan diregulasi juga ada Peraturan Daerah (Perda) yang mengikat untuk berzakat, karena ini kewajiban umat muslim," kata Khairul.

Harapannya dimanfaatkan untuk pengentasan kemiskinan dalam data statistik jumlah orang miskin di Tarakan naik menjadi enam persen atau sekitar 13 ribu jiwa selama masa pandemi COVID-19 dari awalnya lima persen.

"Saat ini yang disantuni oleh BAZNAS ada 11 ribu jiwa, masih ada 2.000 jiwa yang belum tersantuni, kemungkinan belum terdata," kata Wali Kota.

Sementara itu, Kepala Baznas Kota Tarakan, Syamsi Sarman mengatakan pada acara Gerakan Cinta Zakat yang dilaksanakan dalam sehari saja sudah terkumpul sebanyak Rp100 juta.

"Baznas target penerimaan zakat sampai bulan Desember nanti sebesar Rp8 miliar, khusus Ramadhan target Rp2,5 miliar," kata Syamsi.

Jumlah penerima zakat tahun ini untuk Tarakan sebesar Rp11 ribu jiwa dengan besarannya bervariasi dari Rp150 ribu sampai Rp250 ribu tergantung kemampuan masing - masing Mesjid.
Baca juga: Pemkot Tarakan Memperbolehkan Mudik Dalam Satu Provinsi Kaltara