Disnakertrans Kaltara buka program pemagangan pemerintah

id Pemprov

Disnakertrans Kaltara buka program pemagangan pemerintah

Ilustrasi pemagangan

Tarakan (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalimantan Utara kembali membuka program pemagangan dalam negeri tahun ini.

"Program ini sudah berjalan rutin sejak tahun 2018. Di mana total kuota peserta yang disediakan untuk Kaltara sebanyak 150 orang," kata Kepala Disnakertrans Kaltara, Haerumuddin di Tanjung Selor, Bulungan, Kamis.

Dia mengatakan bahwa daerah sangat menyambut baik dengan adanya program pusat ini. Program pemagangan memiliki fungsi ganda, yakni peserta bisa belajar dan bekerja.

Pemerintah Provinsi berharap ada peserta magang yang bisa diserap perusahaan ke depan. Peserta lainnya bisa memiliki keahlian setelah mengikuti program ini.

Melalui program pemagangan, pemerintah berupaya agar angkatan kerja bisa memiliki keterampilan dan mudah terserap dunia kerja. Sehingga, tingkat pengangguran terbuka di Kaltara dapat menunjukkan tren penurunan.

“Harapannya kan peserta hasil magang bisa diserap, walaupun tidak semuanya. Sementara peserta lain sudah ada keterampilan usai magang,” kata Haerumuddin.

Dia menyebutkan peserta magang nantinya akan mendapat insentif dari pemerintah. Hal ini diharapkan bisa menjadi tambahan penghasilan bagi mereka.

Haerumuddin mengharapkan pemerintah pusat terus melaksanakan program seperti ini di Kaltara.

Ia pun berpesan agar peserta memanfaatkan kesempatan ini untuk menggali ilmu lebih dalam, khususnya sesuai spesifikasi bidang masing-masing.

“Perusahaan juga kalau butuh, bisa manfaatkan yang ada. Tak perlu susah-susah mencari di luar kalau (peserta) yang magang sudah memenuhi kualifikasi,” katanya.
Baca juga: 500 TKI ilegal dipulangkan dari Malaysia