Desa Srinanti wakili Kaltara lomba desa tingkat regional

id Desa Srinanti, Kec Seimenggaris, Nunukan, juara lomba desa, wakili Kaltara

Desa Srinanti wakili Kaltara lomba desa tingkat regional

Desa Srinanti Nunukan wakili Kaltara lomba regional

Nunukan (ANTARA) - Desa Srinanti, Kecamatan Seimenggaris Kabupaten Nunukan mewakili Kaltara untuk lomba desa tingkat regional Kalimantan-Sulawesi setelah berhasil juara 1 tingkat provinsi.

"Alhamdulilah Desa Srinanti Kecamatan Seimenggaris mewakili Provinsi Kaltara untuk lomba desa tingkat regional Kalimantan-Sulawesi setelah berhasil keluar sebagai juara 1 tingkat provinsi," kata Kepala Desa Srinanti (demisioner) Abdul Hafid di Nunukan, Kamis.


Abdul Hafidyangsedang cuti karena masa jabatannya berakhir dan maju lagi pada pilkades18 Oktober 2021 menjelaska desa tersebut juara, setelah tim juri melihat kinerja yang inovatif berkaitan kerja sama BUMDes, inovasi desa, dan administrasi.

"Termasuk kreasi PKK berupa pembuatan kue dari daun kelor dan buah kelapa sawit dibuat dodol," ujarnya.

Ia membenarkan desa binaannya berhasil meraih juara 1 tingkat Provinsi Kaltara sehingga berhak mewakili provinsi pada 2022 nanti.

"Iya betul Desa Srinanti raih juara 1 lomba desa tingkat Kaltara dan berhak mewakili Kaltara pada tingkat regional," ujar dia.

Abdul Hafid adalah kades yang sedang cuti menjelang pilkades serentak ini menjelaskan persiapan yang dilakukannya selama ini dengan membentuk rukun tetangga (RT) sehat dan bersih.

RT bersih adalah RT 03 dengan mengecat rumah-rumah warganya dengan warna hijau, membuat apotik hidup setiap rumah.

Sedangkan RT sehat adalah RT 02 dengan membentuk karang gizi dan apotik hidup.

Ia mengatakan sejak menjadi bagian dari desa pada penilaian tingkat Kabupaten Nunukan, yang dinilai oleh tim juri adalah berkaitan kerja sama BUMDes, inovasi desa, administrasi, kreasi PKK berupa pembuatan kue dari daun kelor dan buah kelapa sawit dibuat dodol.

Selain itu, lanjut Abdul Hafid, demi merawat desanya menjadi sehat sebelum pandemi COVID-19 telah menerapkan kedisiplinan dengan 3 M terutama kewajiban warganya mencuci tangan dengan sabun sebelum masuk di rumahnya.

Ia pun mengatakan meskipun sedang cuti tetap memantau desanya agar warganya tetap menjaga kebersihan dan lain-lainnya menghadapi lomba tingkat regional.

Sebelumnya, dalam siaran pers, Camat Seimenggaris Arief Budiman menyatakan ditetapkannya Desa Srinanti mewakili Kaltara tersebut setelah berhasil keluar sebagai juara I lomba desa tingkat Provinsi Kaltara.

Hal itu berdasarkan Keputusan Gubernur Kaltara Nomor 188.44/K-480/2021 tertanggal 29 Juni 2021.

Sesuai dengan Keputusan Gubernur Kaltara itu, juara II lomba desa adalah Silva Rahayu Kecamatan Tanjung Palas Tengah, Kabupaten Bulungan dan juara III adalah Desa Sambungan Selatan Kecamatan Tana Lia Kabupaten Tana Tidung.

Baca juga: Wah, Keren! Desa di Kaltara Raih Juara Nasional
Baca juga: Desa Maspul wakili Kaltara lomba posyantek nasional

Pewarta :
Editor : Iskandar Zulkarnaen
COPYRIGHT © ANTARA 2021